Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) dan Bank Tabungan Negara (BTN) hadir di Tobelo untuk bersinergi dalam mendorong penyaluran pembiayaan Tapera di Provinsi Maluku Utara khususnya Kabupaten Halmahera Utara. Pada hari jumat kemarin (13/9), BP Tapera dan BTN sharing dengan Pemerintahan Kabupaten Halmahera Utara di Gedung Bupati Halmahera Utara untuk membahas hal tersebut.

Pihak Pemerintahan Kabupaten Halut diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Fredrik Naheson Sahetapy dan Staf Ahli Bupati Bpk Wenas Rompis beserta jajaran. BP Tapera diwakili Direktur Operasi Pemanfaatan Is Aprianto dan Ade Septo Ismatullah. BTN dihadiri oleh Sub Branch Head KCP Tobelo, Daldo Nikiyuluw dan Imam Turmudi serta perwakilan Kantor Cabang Ternate Rahmat Sutrisno selaku Consumer Lending Unit Head.

Asisten I Bidang Pemerintahan menyambut baik kedatangan BP Tapera dan BTN dan berharap agar kehadiran BP Tapera dan BTN tersebut dapat membantu PNS Kab Halmahera Utara maupun secara umum masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara dalam memiliki rumah. Di lain pihak, Direktur Operasi Pemanfaatan BP Tapera menyatakan bahwa BP Tapera sangat terbuka untuk memberikan dukungan kepada Pemkab Halut dalam penyaluran pembiayaan tapera kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) baik berupa KPR FLPP dan KPR Tapera.

Selain itu disampaikan bahwa selain fasilitas KPR, pembiayaan tapera juga dapat berupa Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR).
Consumer Lending Unit Head BTN KC Ternate menyampaikan BTN siap bersinergi untuk menyalurkan produk pembiayaan Tapera karena pembiayaan Tapera berbunga murah yaitu 5% Fixed sampai dengan lunas sehingga akan sangat membantu PNS maupun masyarakat secara umum. Sub Branch Unit Head BTN KCP Tobelo juga menambahkan bahwa di wilayah Halmahera Utara saat ini telah terdapat 3 (tiga) pengembang yang bekerjasama dengan BTN yang memiliki proyek perumahan di Tobelo sehingga pembiayaan tapera sudah dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat Tobelo.

Di akhir sharing tersebut, Direktur Operasi Pemanfaatan juga menyatakan saat ini sedang dalam pembahasan untuk penambahan kuota KPR FLPP khusunya untuk BTN di akhir tahun 2024 ini.

BP Tapera hadir di Indonesia Timur guna meningkatkan dan memudahkan penyaluran pembiayaan perumahan.

 

Tautan Terkait:

https://bkd.halmaherautarakab.go.id/berita/view/sinergi-bp-tapera-dan-btn-untuk-penyaluran-pembiayaan-tapera-di-kabupaten-halmahera-utara