Jakarta, 7 Agustus 2024- Dalam rangka meningkatkan layanan kepada peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), BP Tapera menggelar Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) tentang Pemutakhiran Data Kepesertaan segmen Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. Kegiatan ini mengusung tema “Bersama Memberi Makna Untuk Amanah Mulia” dan berlangsung selama 11 hari, mulai dari tanggal 5 hingga 14 Agustus 2024.

Rakorwil ini mengundang seluruh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dari seluruh Indonesia, serta dibagi menjadi lima kluster peserta sebagai berikut:
1. Kluster 1: Aceh, Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.
2. Kluster 2: Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Banten.
3. Kluster 3: Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.
4. Kluster 4: Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.
5. Kluster 5: Kementerian dan Lembaga.

Tujuan Rakorwil diselenggarakan yaitu untuk memastikan tersedianya data kepesertaan Tapera yang lengkap dan valid melalui pemutakhiran data secara berkelanjutan. Agenda pembahasan meliputi mekanisme Pemutakhiran Data Kepesertaan, Rekonsiliasi Data Kepesertaan, mekanisme Penyelesaian Outstanding Pengembalian Tabungan serta Penandatanganan Berita Acara Rekonsiliasi Data Kepesertaan serta Penyelesaian Pengembalian Tabungan.

Hadir pada kegiatan Rakorwil ini yaitu Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Sugiyarto; Direktur Kepesertaan BP Tapera, Ferry Setiawan; dan Direktur Operasi Operasi Pengerahan, Budi Santoso.

Dalam sambutannya, Direktur Kepesertaan BP Tapera, Bapak Ferry Setiawan, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan untuk saling mengenal antara Relationship Manager (RM) BP Tapera dengan setiap PIC BKD dan BKAD setiap daerah. “Diharapkan dengan adanya rakorwil ini, kedepannya hubungan komunikasi dan kerjasama dapat terjalin dengan lebih baik lagi demi terwujudnya pelayanan prima bagi peserta Tapera,” ujarnya.

Sebagai bagian dari agenda Rakorwil, BP Tapera juga lakukan sesi sharing knowledge tentang layanan pembiayaan perumahan yang disampaikan oleh Relationship Manager Kerjasama Institutional dan Retail, Redi Rahmadilaga; dan penjelasan tentang pengelolaan Dana Tapera yang disampaikan oleh Muhamad Noer Fachmi selaku Senior Analis Evaluasi Manajer Investasi.

BP Tapera juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah berkomitmen mendukung upaya pemutakhiran data peserta melalui portal Sitara. Penghargaan di hari pertama diberikan kepada Pemerintah Kota Sabang dan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Di hari kedua, penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Sijunjung dan Pemerintah Kabupaten Siak, sedangkan di hari ketiga, penghargaan diterima oleh Pemerintah Kota Surakarta dan Pemerintah Kabupaten Madiun.