Dalam rangka memeriahkan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, BP Tapera berpartisipasi dalam kegiatan Merdeka REI Expo 2024 yang diselenggarakan oleh REI Komisariat Surakarta DPD REI Jawa Tengah pada tanggal 10 – 18 Agustus 2024. Pameran properti terbesar dan terlengkap di Kota Solo yang diresmikan oleh Walikota Solo, Teguh Prakosa juga turut dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan  Bank Indonesia Solo, Aris Purnomo Hadi; Ketua REI komisariat Surakarta, Oma Nuryanto; serta Kepala Divisi Penyaluran Pembiayaan BP Tapera, Alfian Arif pada Sabtu (10/8) di Solo Grand Mall, Jawa Tengah.

Melalui sambutannya, Walikota Solo, Teguh Prakosa menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dalam rangka mendukung penyediaan perumahan bagi masyarakat yang membutuhkan rumah. Selain itu, ia juga mengharapkan kehadiran pemerintah khususnya BP Tapera dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang perumahan untuk mewujudkan masa depan yang lebih sejahtera. “Pengembangan perumahan tidak boleh berhenti. Saya berharap BP Tapera lebih terbuka dalam menyampaikan informasi secara transparan agar masyarakat dapat memahami skema pengelolaan dana dan pembiayaan Rumah Tapera.” Harap Teguh Prakosa.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Penyaluran Pembiayaan BP Tapera, Alfian Arif menyampaikan pada sesi sambutannya bahwa kegiatan ini dapat terselenggara sebagai bentuk dukungan nyata Pemerintah Pusat dan Daerah dan kolaborasi bersama asosiasi pengembang dalam rangka pemenuhan kebutuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Provinsi Jawa Tengah khusuqsnya di Solo dan sekitarnya. “Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi tertinggi ke-4 dalam menerima bantuan pembiayaan FLPP, yaitu sebanyak 7.728 unit rumah senilai Rp904,38 Miliar.” Jelas Alfian Arif.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa berdasarkan data penyaluran FLPP sampai akhir Juli tahun 2024, REI berada pada posisi pertama tingkat nasional sebagai asosiasi pengembang dengan kontribusi penyaluran FLPP terbanyak sebesar yaitu sebanyak 50.665 unit senilai Rp6,38 triliun rupiah dari total penyaluran Rp13,36 triliun rupiah di tahun 2024. “Adapun di Provinsi Jawa Tengah sendiri, REI Jawa Tengah telah berkontribusi dalam penyaluran FLPP sebesar 1.844 unit senilai Rp216,21 miliar.” Ujar Alfian Arif menjelaskan.

Sebagai informasi di Per Akhir Juli tahun 2024 ini, BP Tapera telah menyalurkan dana untuk Rumah Tapera dari dana FLPP sebanyak 109.719 unit rumah senilai Rp13,36 Triliun dari target 166.000 unit rumah serta dari dana Tapera sebanyak 3.249 unit rumah senilai Rp539,79 miliar dari target 8.717 unit rumah. Hal ini dapat dioptimalisasikan BP Tapera melalui mitra strategis yaitu Bank Penyalur dan Pengembang dalam rangka meningkatkan penyaluran pembiayaan perumahan.

Acara pembukaan Merdeka REI Expo ini diisi dengan talkshow “Cara Mudah Punya Rumah” yang diikuti oleh 27 peserta pameran. Melalui kegiatan pameran yang dilakukan secara berkelanjutan, diharapkan dapat terus dilaksanakan agar masyarakat dapat mendapat informasi dan mengakses bantuan pembiayaan perumahan subsidi dari pemerintah.