Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) kembali hadirkan kegiatan sosialisasi bertajuk Gerakan Rumah Pertama Tapera (Gema Tapera) yang kali ini diselenggarakan di Kementerian Dalam Negeri pada hari Rabu, 1 Maret 2023 di ruang Sasana Bhakti Praja. Hadir pada kegiatan ini Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro, Komisioner BP Tapera, Adi Setianto yang didampingi oleh Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana, Eko Ariantoro dan Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana Tapera, Gatut Subadio.

Komisioner BP Tapera dalam sambutan pembukanya mengemukakan bahwa rangkaian Gema Tapera ini merupakan salah satu upaya BP Tapera untuk mendorong kepemilikan rumah pertama terutama bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Indonesia dan juga optimalisasi pengembalian tabungan peserta pensiun bagi yang telah melakukan pemutakhiran data peserta di portal sitara.tapera.go.id.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sektretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro. Melalui sambutannya, ia menyampaikan bahwa program Tapera berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR) dan Kredit Renovasi Rumah (KRR) dapat dimanfaatkan oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Dalam Negeri. “Diharapkan juga ASN Kementerian Dalam Negeri yang merupakan peserta Tapera dapat memanfaatkan program Tapera ini dengan optimal dengan terlebih dahulu melakukan pemutakhiran data kepesertaan,” tambahnya yang kemudian membuka rangkaian sosialisasi ini.

Sosialisasi Gema Tapera ini mengusung dua informasi utama yaitu mengenai Program Pembiayaan Perumahan Tapera yang disampaikan oleh Luky Arfiansyah selaku Relationship Manager Kerja Sama Institusional dan Retail serta mengenai Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Peserta yang dipandu oleh Wahyudi selaku Relationship Manager Kepesertaan Pekerja.

Rangkaian sosialisasi ditutup dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh para peserta ASN Kementerian Dalam Negeri yang hadir secara luring maupun daring. Adapun total peserta yang hadir secara luring berjumlah 300 orang dan yang mengikuti kegiatan secara daring berjumlah 293 orang.

Diharapkan melalui adanya kegiatan sosialisasi ini, dapat meningkatkan awareness terkait dengan program Tapera kepada seluruh ASN di Kementerian Dalam Negeri agar target pemenuhan kebutuhan perumahan untuk masyarakat khususnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dapat terpenuhi dengan optimal.