BP Tapera kembali menggelar Gerakan Rumah Pertama Tapera (Gema Tapera). usai sebelumnya diselenggarakan di Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri, kali ini berlanjut ke Kementerian Agama. Bertempat di Kantor Pusat Kementerian Agama di Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, rangkaian kegiatan Gema Tapera berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Maret 2023 mendatang.

Seperti kegiatan sebelumnya, Gema Tapera di Kementerian Agama diisi dengan sosialisasi pemutakhiran data Peserta Tapera dan Mini Expo. Para pengunjung dapat memanfaatkan layanan yang telah disediakan, seperti: Layanan informasi dan edukasi seputar produk Tapera; Layanan pemutakhiran data peserta Tapera; Mini expo yang menghadirkan mitra kerjasama BP Tapera, yaitu Bank Penyalur dari BTN, BTN Syariah, BRI, Mandiri, BNI, BSI dan BJB, serta 17 pengembang perumahan. Mini Expo Gema Tapera tersebut di lapangan parkir mobil Kantor Pusat Kementerian Agama.

Sedangkan kegiatan sosialisasi pemutakhiran data Peserta Tapera diselenggarakan di hari pertama Gema Tapera, yaitu Rabu 8 Maret 2023 dan bertempat di Ruang Pelantikan Gedung Utama Lantai 2 Kementerian Agama. Hadir membuka kegiatan sosialisasi, Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Sekretariat Jenderal Kementerian Agama, Subarja, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap BP Tapera dalam rangka pemutakhiran data PNS di lingkungan Kementerian Agama.

Berdasarkan data kepegawaian, Subarja menyampaikan per 1 Maret 2023 ini Kementerian Agama memiliki pegawai dengan jumlah mencapai 230.435 pegawai. “Saya rasa kini semakin mudah dengan kehadiran BP Tapera. Namun kita harapkan para pemberi kerja dan pegawai untuk dapat membantu BP Tapera dalam melakukan pemutakhiran data,” ujar Subarja.

Sedangkan dari pihak BP Tapera hadir Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana Tapera, Eko Ariantoro bersama dengan Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana, Ariev Baginda Siregar.

Eko Ariantoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kementerian Agama menjadi salah satu perhatian BP Tapera, dikarenakan hingga per saat ini, baru 15% pegawai yang telah melakukan pemutakhiran data peserta Tapera di portal sitara.tapera.go.id “Kami saat ini tengah mengembangkan versi mobile (aplikasi akses gawai) yang akan lebih memudahkan para peserta,” sambung Eko.

Kegiatan sosialisasi tersebut diisi dengan penjelasan produk dan layanan Tapera, sekaligus bimbingan teknis pemutakhiran data. sekurang-kurangnya 80 pegawai Kementerian Agama hadir dalam sosialisasi secara luring dan lebih dari 330 partisipan secara daring yang tersebar secara nasional.

Sebagai informasi, program KPR Tapera yang dapat dimanfaatkan oleh para PNS saat ini berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Renovasi Rumah (KRR), dan Kredit Bangun Rumah (KBR). Sedangkan bagi       non-PNS, KPR Tapera yang dapat dimanfaatkan berupa Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).