Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bersilaturahmi bersama dengan Pemerintah Kabupaten Jember melalui kegiatan Gala Dinner yang diselenggarakan pada hari Minggu, 11 Desember 2022 di Pendopo Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember. Kegiatan temu silaturahmi ini turut dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Arif Cahyono, Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera, Ariev Baginda Siregar, Kepala Kantor ATR/BPN Jember. Ahyar Tarfi, Ketua DPD APERSI Korwil Jember, Asik Pamilu Hadi, dan Pembina DPD REI Jawa Timur, FX Handoyo. Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim Kabupaten Jember dan perwakilan Bank Penyalur di Kabupaten Jember turut hadir meramaikan Gala Dinner ini.

Melalui sambutannya, Ariev Baginda Siregar menyampaikan terkait program Tapera dan Penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Jember serta informasi terkait pelaksanaan Tapera Property Expo yang diselenggarakan dari tanggal 13 – 19 Desember 2022 di Lippo Mall Plaza Jember. Pelaksanaan Tapera Property Expo ini merupakan bentuk kolaborasi antara BP Tapera, Pemerintah Daerah, Bank Penyalur, serta pengembang perumahan untuk dapat memberikan hunian yang berkualitas kepada masyarakat. Ariev juga mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya karena hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen BP Tapera untuk hadir membantu masyarakat memperoleh hunian yang layak. “BP Tapera kedepannya akan menjadi Single Housing Financing yaitu sebagai lembaga satu-satunya yang menyalurkan pembiayaan perumahan rakyat khususnya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah”, tambah Ariev.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember melalui sambutannya juga mendukung penuh penyelenggaraan Tapera Property Expo 2022 di Kota Jember karena potensi penyaluran pembiayaan perumahan di Kabupaten Jember relatif tinggi.  “Menurut data yang diperoleh, dari tahun 2010 -2021, penyaluran FLPP di Kota Jember sebanyak 9.062 unit senilai dengan Rp726 M. Oleh karena itu pangsa pasar di kota jember ini sangat luar biasa”, tegas Arif Cahyono.

Penyelenggaraan Tapera Property Expo 2022 di Kota Jember ini diharapkan mampu menggenjot masyarakat Jember baik untuk PNS maupun masyarakat penyaluran pembiayaan perumahan.