Dalam upaya untuk meningkatkan realisasi penyaluran pembiayaan Tapera khususnya bagi masyarakat yang berkeinginan untuk memiliki rumah pertama di Provinsi Sumatera Barat, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bekerjasama dengan Bank Penyalur yaitu Bank BTN dan BTN Syariah serta 15 pengembang menggelar “Tapera Mini Expo” bertempat di Aula Gubernur Sumatera Barat  dan diselenggarakan hingga 1 hari kedepan, yaitu tanggal 7 – 8 Desember 2022 (7/12/22).

Turut hadir Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Sumatera Barat, Deri Irwan dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang hadir untuk dapat memanfaatkan pembiayaan perumahan yang telah diberikan oleh pemerintah melalui subsidi pembiayaan perumahan Tapera khususnya bagi PNS yang saat ini belum memiliki rumah. “ Melalui Tapera Mini Expo ini saya harapkan kepada seluruh masyarakat serta PNS yang hadir untuk segera menunjukkan minatnya dengan memilih rumah yang diminati serta Bank yang dipilih yaitu BTN Konvensional maupun Syariah untuk segera memiliki rumah Pertamanya”.

Dalam kesempatan yang sama Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana, Ariev Baginda Siregar menyampaikan saat ini BP Tapera terus aktif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya bagi Peserta Tapera yaitu PNS untuk segera memanfaatkan layanan Pembiayaan Perumahan Tapera.

Saat ini BP Tapera memiliki layanan pembiayaan perumahan yaitu, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pembangunan Rumah (KBR), Kredit Renovasi Rumah ( KRR) khusus Peserta Tapera dan KPR FLPP yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi masyarakat umum.

Sebagai informasi saat ini Peserta Tapera dapat mengajukan minat Pembiayaan Perumahan Tapera dengan skema yang menarik yaitu pengajuan Pembiayaan Perumahan KPR Tapera dengan down payment atau uang muka hingga 0%, cicilan flat 5% dan juga tenor hingga 30 tahun.

Sejalan dengan pembicaraan tersebut, Wakil Kepala Cabang Bank BTN Padang, Arwindya Tria menambahkan “ kami sebagai mitra dari BP Tapera sebagai Bank Penyalur siap untuk memberikan layanan perumahan terbaik yang didukung oleh 15 pengembang yang hadir saat ini serta skema pembiayaan yang dapat ditentukan sendiri oleh peserta yaitu konvensional maupun syariah” ujarnya.