Rabu (30/3/2022) BP Tapera yang diwakili oleh Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi, Nostra Tarigan menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan secara hybrid oleh The HUD Institute dengan topik pembahasan yaitu “Mewujudkan Ekosistem Pembiayaan Mikro Perumahan Bagi MBR Non Formal: Konsep, Tantangan dan Agenda Ke Depan”.

Adapun para pembicara dalam diskusi ini, mencakup para pakar di bidangnya yang dimulai dari The HUD Institute, Kementerian PUPR yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perumahan, Iwan Suprijanto, dan Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Herry Trisaputra Zuna; Komisioner BP Tapera yang diwakili oleh Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi, Nostra Tarigan; Direktur PT. SMF, Heliantopo; Director of Project Dev & Advisory PT SMI, Darwin Trisna Djajawinata; serta Perbankan, Pengembang, Pakar Pembiayaan Perumahan, Lembaga Pemerhati dan Otoritas Jasa Keuangan.

Adapun proyeksi pertumbuhan pekerja mandiri informal yang akan menjadi peserta Tapera menempati urutan pertama yakni sebanyak 31.258.560 orang. Dari potensi tersebut, BP Tapera menargetkan sebanyak 850.000 orang pekerja mandiri informal untuk menjadi peserta sampai tahun 2024. Hal ini menunjukkan bahwa pekerja mandiri/informal memiliki andil yang cukup besar bagi sustainabilitas Dana Tapera yang dapat menyelaraskan kebutuhan rumah pertama bagi peserta MBR informal.

Dalam keynote speech, Nostra Tarigan mengungkapkan bahwa Kedepannya, BP Tapera juga akan bekerja sama dengan program K/L/D & BUMN/Swasta serta menyiapkan platform aplikasi dan menggandeng komunitas untuk bekerja sama dari sisi program & data yang memungkinkan MBR Informal menjadi lebih mudah dijangkau serta membantu menekan risiko bagi perbankan. 

Terselenggaranya kegiatan ini dimaksudkan untuk mencapai sasaran dalam diskusi ini mencakup hasil-hasil empiris dari berbagai stakeholder dalam upaya untuk meningkatkan layanan akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat MBR Non Formal, antara lain seperti : Model Pembiayaan Perumahan, hambatan dan tantangan penyediaan perumahan, serta Grand Design masa depan menuju Indonesia Emas; Kebijakan dan strategi serta pelaksanaan program perumahan bagi MBR dari berbagai unit pelaksana perumahan;  Dukungan sistem pembiayaan dan pengembangannya dalam rangka membuka akses MBR Informal; dan Rumusan konsensus pembiayaan mikro perumahan.