Mengawali tahun 2023 dengan semangat optimisme, BP Tapera selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai Potensi Perluasan Pembiayaan Perumahan bagi MBR pada hari Senin, Januari 2023 di Hotel Borobudur Jakarta. Hadir pada kesempatan ini Komisioner BP Tapera, Adi Setianto beserta para narasumber dan penanggap FGD yaitu Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna; Analis Kebijakan Ahli Madya Pusat Kebijakan APBN, Badan Kebijakan Fiskal, Widodo Ramadyanto; Managing Director, Chief Operating Officer Strategy & Planning PT. Bank DBS Indonesia, Bapak Bimo Notowidigdo; serta Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Prof. Ir. Ruslan Prijadi, M.B.A., Ph.D.

FGD ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mendapatkan arahan serta strategi mengenai model optimalisasi pengelolaan dana untuk pembiayaan perumahan sehingga 4 program pembiayaan perumahan yaitu Pembiayaan Perumahan Tapera (KPR, KBR, KRR) dan Pembiayaan FLPP dapat terus berkelanjutan (sustainable) untuk dapat memenuhi target Zero Backlog pada tahun 2045 mendatang.

Pada kesempatan ini Herry Trisaputra Zuna menjelaskan bahwa kedepannya BP Tapera akan menjadi acuan nomor satu dalam hal pembiayaan perumahan, untuk itu, pengembangan inovasi skema program kemudahan dan bantuan pembiayaan perumahan bagi sektor formal dan informal perlu dilakukan secara masif.

Komisioner BP Tapera juga menyatakan bahwa BP Tapera optimis dapat mewujudkan permasalahan backlog tersebut dengan peningkatan skema serta tata kelola yang baik dapat sehingga dapat mewujudkan rumah yang layak huni dan terjangkau dalam lingkungan yang sehat, aman, serasi, teratur, terencana, terpadu, dan berkelanjutan.