Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) kembali mendorong para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Wilayah Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo untuk dapat melakukan pemuktahiran data peserta melalui serangkaian kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis di Provinsi Gorontalo pada Kamis, 15 September 2022 bertempat di Gedung Ball Room Lantai  Kantor Bappeda Provinsi Gorontalo.

Kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan secara hybrid ini dihadiri sedikitnya oleh 800 peserta yang berasal dari PNS Pemprov Gorontalo baik secara luring maupun daring. Provinsi Gorontalo merupakan kota ke 12 yang dikunjungi oleh Tim Task Force BP Tapera dalam rangka mensosialisasikan program Tapera dan upaya percepatan pemutakhiran data Peserta.

Acara Sosialisasi ini dihadiri secara langsung oleh Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana BP Tapera, Ariev Baginda Siregar; Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Provinsi Gorontalo, Iswanta yang juga secara resmi membuka kegiatan sosialisasi serta Budiyanto Sadiki, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Percepatan Ekonomi Daerah (Bappeda) Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya, Arief mengimbau kepada PNS Provinisi Gorontalo agar melakukan pemutakhiran data secara lengkap melalui portal website www.sitara.tapera.go.id dan menentukan minat pengelolaan dana tabungannya antara pengelolaan secara syariah atau konvensional sehingga waktu manfaat program tapera dapat dimanfaatkan oleh peserta sesuai dengan waktu yang direncanakan.

“Dengan melakukan pemutakhiran data, peserta juga dapat melengkapi data dalam rangka pembiayaan Tapera sehingga Peserta dapat menentukan minat dan merencanakan waktu pemanfaatan pembiayaan Tapera”. Ujar Ariev.

Sebagai pemateri kegiatan sosialisasi kali diantaranya Zaenal Arifin Latief selaku Kepala Divisi Pembayaran Simpanan Tapera, Dewi Kania selaku Pengelola Riset Industri dan Pengembangan Pembiayaan Perumahan Tapera, dan Abdul Ghoni selaku Pengelola Pengelolaan Tapera Syariah serta Wahyudi selaku moderator sesi diskusi sosialisasi ini.

Melalui kegiatan tersebut juga diharapkan seluruh ASN di Provinsi Gorontalo dapat memahami manfaat dan tujuan dari kegiatan pemuktahiran data ini, diantaranya peserta dapat mengetahui saldo tabungan peserta secara real time melalui dashboard kepesertaan, dan dapat menentukan skema pengelolaan investasi bank pencairan dana serta manfaat Pembiayaan Perumahan Tapera Syariah yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR).