Jakarta, 5 April 2022 – Penyaluran dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) kuartal I tahun 2022 melebihi target yang ditetapkan oleh pemerintah. BP Tapera mampu menyalurkan per 31 Maret 2022 sebanyak 45.777 unit atau Rp5,08 triliun. Nilai ini setara dengan 20,26% dari total target yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan tahun 2022.

“Kuartal I tahun 2022, kami ditargetkan menyelesaikan 19% penyaluran dana FLPP dari total 226 ribu unit. Alhamdulillah penyalurannya mampu melebihi target yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan,” demikian ungkap Komisioner BP Tapera, Adi Setianto lega.

Penerima dana FLPP tertinggi didominasi oleh Provinsi Jawa Barat sebanyak 14.864 unit atau 33,09% dari total penyaluran FLPP kuartal I tahun 2022. Sedangkan jika dilihat dari sisi pendapatan, MBR dengan gaji antara Rp3 – 4 juta adalah penerima tertinggi sebanyak 16.451 unit atau 35,49% dari total penyaluran dalam periode yang sama. Sementara itu usia 26 – 30 tahun menjadi penerima tertinggi kuartal I tahun 2022 sebanyak 15.303 unit atau 33,45% dari total penyaluran periode yang sama.

Adi Setianto menyadari bahwa pencapaian kuartal I 2022 tidak terlepas dari dukungan 39 bank penyalur dan pengembang perumahan. “Titik fokus kami tidak hanya banyaknya jumlah penyaluran tetapi juga kualitas bangunan dan ketepatan sasaran. Ini menjadi konsen kami sehingga kami harapkan dukungan penuh dari mitra kerja,” ungkap Adi Setianto menegaskan.

Titik fokus ini tidak terlepas juga dari kinerja yang diharapkan Kementerian Keuangan kepada BP Tapera sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP) yang pertama di Indonesia. BP Tapera diharapkan mampu menjadi role model bagi investasi pemerintah lainnya yang mampu mewujudkan tujuan investasi pemerintah yang efektif, transparan dan akuntabel serta berorientasi pada hasil.

BP Tapera Gelar “Gelegar Rezeki Tapera”

Tak berpuas dengan hasil yang dicapai melalui penyaluran dana FLPP, BP Tapera juga berupaya keras untuk meningkatkan pemutakhiran data Peserta Tapera di portal kepesertaan Sitara, yaitu melalui sitara.tapera.go.id/peserta/login. Mulai 1 April 2022 bagi peserta yang telah melakukan pemutakhiran data, maka otomatis peserta tersebut akan mengikuti program reward “Gelegar Rezeki Tapera” dari BP Tapera dan berhak memperoleh 1 (satu) nomor undian untuk mendapatkan total 156 hadiah mencapai miliaran Rupiah berupa, Samsung Tab A8, Handphone Samsung A03, Motor Honda Bear Deluxe, dan Grand Prize mobil Mitshubishi All New Expander GLS MT.

Sebagai informasi, per akhir Februari 2022 data seluruh peserta Tapera (saat ini adalah ASN ) yang telah melakukan pemutakhiran data sebanyak 1. 030.278 peserta. Padahal saat ini jumlah peserta yang tercatat aktif sebanyak 3.882.122 peserta. Diharapkan dengan adanya upaya ini, sisa peserta aktif yang belum melakukan pemutakhiran data dapat segera, melakukan updating data di portal kepesertaan Sitara sesuai dengan amanah PP No.25 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat, Pemberi Kerja dan Peserta Pekerja wajib melakukan pemutakhiran data kepegawaian dan data individunya. “Ditargetkan dengan adanya program Gelegar Rezeki Tapera ini, 80% dari peserta yang tercatat aktif bisa melakukan pemutahiran data,” ungkap Adi Setianto optimis.

Dengan melakukan pemutakhiran data, peserta dapaat menikmati beberapa manfaat antara lain pengecekan saldo tabungan beserta imbal hasil, menentukan prinsip pengelolaan dana baik secara konvensional maupun Syariah dan bagi kepesertaan bagi yang memenuhi syarat eligible dapat mengajukan minat pembiayaan untuk kepemilikan rumah (KPR), pembangunan rumah dan renovasi rumah dengan suku bunga yang kompetitif.

“Langkah ini kami lakukan sebagai upaya pendorong para peserta agar segera melakukan pemutakhiran data agar bisa menikmati manfaat yang ada demi mewujudkan rumah pertama bagi MBR. Silakan kunjungi website resmi kami www.tapera.go.id untuk informasi lebih lanjut terkait dengan program Gelegar Rezeki Tapera ini,” tutup Adi Setianto.